Bibit Ikan Gurame Unggul dan Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Anda membutuhkan bibit ikan gurame unggul? Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar sangat ditentukan oleh kualitas benih ikan yang digunakannya dan tahapan pemeliharaannya yang juga efisien.
Ikan gurame termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang sangat menjanjikan dalam usaha budidaya. Permintaan pasar terhadap ikan jenis ini juga selalu meningkat dari waktu ke wwaktu.

Dagingnya yang tebal dan rasanya yang enak dan mudah diolah dengan aneka kreasi masakan yang fleksibel membuatnya menjadi ikan favoritt dan banyak disukai orang.

Selain itu ikan gurame memiliki kandungaan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa nutrisi yang penting dalam ikan ini antara kandungan proteinnya yang lebih tinggi ketimbang ikan nila, ikan mas, ataupun lele.

Dalam 100 gram olahan masakan ikan gurame asam manis terkandung energi sebesar 192 kkal, karbohidrat 12,7 gram, lemak 10,1 gram, protein 12,7 gram, zat besi 1,1 mg, fosfor 169 mg, dan kalsium 283 mg. Dalam ikan ini juga terkandung vitamin A sebesar 63 IU dan vitamin B1 0,1 mg. Karena itu mengkonsumsi gurame akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Cara Budidaya Ikan Gurame dengan Beragam Media

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dan cepat panen bisa dilakukan dengan beragam media. Anda bisa memilih cara budidaya ikan gurame di kolam terpal, di kolam tanah, ataupun budidaya ikan gurame di kolam tembok.. Pilihan terhadap media budidaya tentunya perlu disesuaikan dengan kondisi dan lokasi anda.

bibit ikan gurame

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat perencanaan budidaya ikan gurame yang akan anda lakukan. Dimana lokasi kolamnya, media apa yang ingin anda pilih, dimana cara mendapatkan bibit ikan gurame unggul dan murah, pakannya, hingga rencana pengelolannya.

Untuk memulainya tak ada salahnya anda memilih budidaya ikan gurame di kolam kecil terlebih dahulu. Jika hingga pada panen perdana anda sudah berhaisl dengan baik, lalu bisa ditingkatkan luasannya. Di bawah ini sejumlah tahappan yang mesti diperhatikan dalam budidaya ikan guramme yang berhasil.

1. Syarat lokasi kolam budidaya gurame

Gurame adalah jenisi ikan yang memiliki habitat asli pada dataran rendah dengan suhu antaraa 25 hingga 28 derajat celcius. Karena itulah idealnya lokasi kolam budidaya gurame juga di kawasan dataran rendah. Bahkan dari pengalaman, ikan jenis ini akan optimal pertumbuhannya di daerah dengan ketinggian maksimal 800 meter dpl (di atas permukaan laut).

pembibitan ikan

Untuk itulah dimanapun lokasi budidaya anda dan apapun jenis media yang anda pilihuntuk budidaya gurame, usahakan agar lokasi kolam mendapatkan sinar matahari secara langsung yang cukup. Hal ini dibutuhkan agar suhu air kolam bisa dijaga aantara 25 hingga 28 derajat celcius.

2. Tahapan budidaya ikan gurame

Agar usaha budidaya ikan gurame anda memberikan hasil panen yang menguntungkan, sebaiknya perhatikan langkah pembesarannya di bawah ini.

Kolam budidaya ikan sebaiknya dibuat disesuaikan dengan jumlah benih ikan yang ingin anda besarkan. Jika Anda ingin membudidayakan ikan gurame sebanyak 1000 ekor, maka buatlah kolam berukuran 500 meter persegi.

benih ikan gurame

Sebelum digunakan siapkan kolam ikan dengan dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk membunuh mikroorganisme dalam tanah agar mati dan tidak menimbulkan penyakit. Pengeringan kolam setidaknya dilakukan sekitar 10 hingga 14 hari.

Setelah tanah kering lalu tambahkan kapur pertanian sebanyak 200 gram untuk tiap meter perseginya untuk menumbuhkan pakan alami yang bermanfaat agar ikan cepat besar.

pengemasan benih ikan

Pengemasan benih ikan

Jika selama proses pembesaran ikan anda ada yang terserang penyakit, segera lakukan tindakan darurat dengan memisahkannya dari ikan yang sehat.

Setelah itu masukkan ikan yang sakit ke dalam larutan garam dapur sebanyak 20 miligram perliter airnya dan rendam selama sekitar 1 jam. Jika kondisinya membaik dan sudah sehat kembali bisa dilepaskan lagi ke dalam kolam budidaya. Namun jika tidak berhasil dan jumlahnya tidak banyak sebaiknya dibuang saja.

benih ikan siap kirim

Benih ikan siap kirim

Pakan ikan yang diberikan untuk pembesaran ikan gurame harus dipilih yang mengandung banyak protein, baik protein nabati maupun yang dari hewani. Ikan gurame membutuhkan sekitar 25 persennya dari protein hewani agar cepat besar. Variasikan pakan ikan antara lain dari pakan daun singkong, daun talas, sayur kangkung, atau selada air. Untuk enzim kompleks dibutuhkan sekitar 2 persen bisa anda tambahan dari pakan pabrik.

Ikan gurame yang siap panen umumnya sudah berukuran setidaknya sekitar 500 gram. Panen bisa dilakukan dengan serok atau jaring untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

3. Gunakan bibit ikan gurame yang sehat dan berkualitas

Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar juga mensyaratkan pemilihan dan penggunaan bibit ikan gurame yang unggul, sehat, dan berkualitas. Berikut ini cirri-ciri yang sebaiknya anda perhatikan saat memilih bibit ikan gurame unggul, baik dan berkualitas sebagai berikut:

  • Pilih bibit gurame yang memiliki ukuran yang saam atau seragam.
  • Perhatikan bentuk fisik benih dan pilih yang sehat dan hindari yang terdapat luka.
  • Bibit ikan gurame yang berkualitas memiliki bentuk sisik normal, tidak kaku, dan gerakannya lincah.

Baca juga : Bibit Lele Unggul

Jika anda tidak bisa melakukan pembenihan sendiri, sebaiknya beli saja di tempat yang memang diketahui terpercaya adan berpengalaman dalam menghasilkan benih ikaan gurame unggul dan berkualitas.

jual bibit ikan gurame

Syahara Fish adalah kelompok petani ikan di Kediri yang telah berpengalaman dalam pembenihan ikan dan khusus menyediakan bibit gurame dan ikan air tawar lainnya dengan kualitas tinggi namun harga murah. Untuk menghubungi Syahara Fish langsung saja telpon atau WA nomor dibawah ini.

Dengan menggunakan bibit ikan gurame yang unggul Syahara Fish akan langkah atau cara budidaya ikan gurame agar cepat besar lebih mudah dilaksanakan dan semoga berhasil.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *