Bibit Ikan Patin Unggul untuk Budidaya Agar Cepat Besar

Salah satu cara budidaya ikan patin agar cepat besar adalah dengan bibit ikan patin yang berkualitas. Dengan benih unggul inilah pembesaraan ikan bisa diharapkan akan lebih cepat dan tanpa halangan atau gangguan dari penyakit yang tak jarang membuat usaha semacam ini sering gagal.

Ikan patin termasuk jenis ikan air tawar yang juga banyak disukai masyarakat. Selain rasanya yang enak dan empuk, ikan jeniss ini juga mudah diolah menjadi aneka menu masakan yang lezat. Apalagi nutrisi dalam ikan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

bibit ikan patin

Teknik budidaya ikan patin termasuk cukup mudah. Termasuk pemilihan media budidaya juga sangat beragam. Anda bisa memilih budidaya ikan patin di tong, di tanah, ataupun dengan kain terpal. Begitu juga untuk luasannya bisa disesuaikan dengan kondisi anda karena ikan ini bahkan bisa dilakukan di lahan sempit sekalipun.

Tips Penting Cara Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Besar

Saat ini ada beberapa teknik budidaya ikan patin yang diterapkan masyarakat. Dari cara tradisional hingga budidaya ikan patin modern ataupun menggunakan sistem bioflok. Namun apapun teknik yang anda gunakan sebaiknya tetap mengacu pada habitat asli ikan patin yang hidup di sungai, rawa, ataupun danau.

Karena itu agar berhasil dalam usahaini sebaiknya perhatikan persyaratan cara budidaya ikan patin agar cepat besar di bawah ini.
Kualitas air kolam untuk pemeliharaan ikan patin mesti bersih, tidak keruh, dan juga tidak tercemar minyak atau limbah pabrik maupun bahan kimia beracun. Kalaupun anda ingin memelihara dengan jala apung di sungai, usahakan aurs sungai yang lambat atau tenang.

budidaya ikan patin

Penampungan benih ikan Syahara Fish

Untuk mencegah timbulnya jamur, sebelum benih tebar sebaiknya tuangkan larutan penghambat pertumbuhan jamur, seperti dengan Emolin atau Blitzich yang dosisnya 0,05 cc/liter. Suhu air sebaiknya diatur antara 26-28 derajat Celsius dan PH air antara 6,5-7.

Waktu pemeliharaan ataupun pembesaran ikan patin biasanya memakan waktu sekitar 5 hingga 6 bulan. Ikan ini sudah bisa dikonsumsi jika telah memiliki berat antara 200 gram hingga 1 kg tergantung kebutuhan pasar anda.

jual bibit ikan patin

Pengemasan benih ikan patin siap kirim

Untuk pakan ikan, sebaiknya berikan pakan mengandung nutrisi yang dibutuhkan patin. Pemberian pakan dilakukan duakali pada pagi dan sore dengan jumlah perhari sebanyak 3-5% dari jumlah berat tubuh ikan. Pakan bisa berupa pelet ditambah makanan alami lainnya seperti bekicot, ikan sisa, kerang, keong emas, dan lainnya.

Baca juga : Peluang Usaha Budidaya dengan Bibit Ikan Mas Murah

Faktor lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan dalam usaha budidaya ikan patin adalah bibit ikan patin yang juga harus berkualitas. Anda tak perlu repot untuk melakukan pemijahan sendiri karena tidak mudah dan membutuhkan keahlian. Sebagai solusinya, anda bisa membeli benih ikan patin dari pusat pemijahan yang sudah dikenal, seperti Syahara Fish.

jual bibit ikan patin murah

Pengiriman bibit ikan patin di bandara

Syahara Fish adalah kelompok petani ikan air tawar yang berpengalaman dalam melakukan pemijahan ikan air tawar. Bibit ikan yang dihasilkan sangat berkualitas karena diperoleh dari indukan yang juga berkualitas. Indukan yang digunakan ini bersertifikat dari Ditjen Budidaya Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang terjamin.

Karena itulah jika anda membutuhkan bibit ikan patin berkualitas dengan harga murah, segera hubungi Syahara Fish dengankontak di bawah ini. Dengan menggunakan bibit ikan patin yang unggul dan berkualitas, maka usaha budidaya ikan patin anda diharapkan bisa cepat besar dan memberikan keuntungan yang optimal.

order benih ikan syahara fish

 

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *