Panduan Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Hasil Berlipat

Untuk anda yang ingin mengetahui cara budidaya ikan nila di kolam terpal namun masih kebingungan, maka anda pun tak perlu khawatir. Pasalnya, kali ini akan diulas bagaimana langkah yang perlu untuk anda lakukan ketika ingin ternak dan budidaya ikan satu ini.

Ikan nila termasuk jenis ikan konsumsi yang sangat populer dan disukai masyarakat. Rasa dagingnya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang tingginya sangat baik dikonsumsi secara rutin. Khususnya untuk anak-anak dan orang yang telah berusia lanjut. Banyak manfaat bisa diperoleh dengan makan ikan ini.

Tingginya kebutuhan pasar terhadap ikan nila membuat permintaannya selalu meningkat. Sayangnya, kebutuhan ini belum mampu dipenuhi sepenuhnya oleh para peternak ikan. Padahal cara ternak ikan nila relatif mudah dan siapa pun dipastikan akan bisa menerapkannya.

Tips Pentng Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Untuk Anda yang tertarik untuk memulai usaha ternak nila, berikut ini beberapa tips pentng cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang sebaiknya Anda tahu.

Pemilihan Bibit Ikan Nila Unggul

Bagi anda yang ingin menggeluti bisnis budidaya ikan satu ini, maka anda pun sebaiknya bisa menggunakan bibit ikan nila yang seragam, terutama pejantan. Hal tersebut diharapkan agar nantinya ikan dapat tumbuh dengan lebih cepat.

bibit ikan nila merah

Ciri dari bibit ikan jenis ini yang bagus adalah memiliki kondisi bibit yang sehat dan tidak cacat fisik. Selain itu, untuk budidaya ikan nila merah ini, anda pun bisa memilih ikan yang memiliki pergerakan gesit dan juga lincah.

Penebaran Bibit Ikan Nila

Langkah penting cara budidaya ikan nila di kolam terpal lainnya adalah pada penebaran benih. Untuk penebarannya sendiri anda bisa menebar bibit ternak dari ikan ini secara bertahap. Hal ini bertujuan agar nantinya ikan tersebut tidak mengalami stres. Sebelumnya, anda bisa mulai untuk memasukkan benih ikan ke dalam baskom yang berisi air kolam.

Hal ini dikarenakan agar ikan tersebut nantinya dapat beradaptasi dengan baik. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk budidaya ikan nila merah adalah ditebarkan ke kolam dan dilakukan pada malam hari.

Cara Pemeliharaan Ikan Nila

Setelah itu, anda pun perlu untuk mengganti air kolam apabila air telah keruh. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap produktifitas dari ikan satu ini. Untuk pengurasannya sendiri, anda pun bisa melakukannya pada 1/3 ketinggian air pada kolam dan kemudian diisi kembali dengan air kolam yang baru.

Selain itu, cara budidaya ikan nila di kolam terpal juga perlu untuk memberinya pakan yang bisa anda lakukan pada pagi dan sore. Anda bisa memberikan jenis pakan terapung untuk ikan satu ini. Tak hanya itu saja, ketika anda sedang melakukan budidaya ikan nila merah maka anda pun perlu untuk memperhatikan kebersihan dari kolam.

cara budidaya ikan nila di kolam terpal

Hal ini dikarenakan anda perlu menjaga agar ikan tersebut dapat terhindar dari keracunan akibat amoniak dan juga parasit pada ikan. Anda bisa menggunakan air yang bersih dengan PH air yang sesuai untuk menghindari penyakit pada ikan anda.

Untuk itu, dengan mengetahui bagaimana cara budidaya ikan nila di kolam terpal ini maka anda pun nantinya akan bisa menghasilkan ikan dengan kualitas yang baik. Sehingga hal tersebut akan berdampak pada keuntungan yang didapatkan ketika anda melakukan budidaya ikan nila merah ini.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal dan Cara Pembuatan Kolamnya

Ketika anda ingin mulai untuk budidaya ikan, maka anda pun juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara membuat kolam terpal sederhana. Pasalnya, jika anda menggunakan media terpal ini akan lebih mudah dan juga lebih praktis. Sehingga hal ini pun akan sangat cocok diterapkan pada daerah yang memiliki air yang sulit.

Kali ini, akan diulas tentang pembuatan kolam terpal sebagai tahapan cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang harus dilakukan. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kolam Terpal Ikan Nila di Dalam Tanah

Bagi anda yang ingin membuat kolam terbal di dalam tanah, maka anda pun perlu untuk membuat lubang terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Untuk membuatnya sendiri, anda perlu merendam sebagian kolam ataupun seluruhnya.

cara budidaya ikan nila di kolam terpal

Untuk cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk jenis kolam yang sebagian direndam, maka cara membuat kolam terpal ini anda harus membuat rangka yang kokoh sehingga nantinya kolam mampu berdiri dengan tegak. Ketika anda ingin membuat kolam dengan meremndam seluruh bagian, maka anda tak perlu untuk membuat kerangkanya.

Hal ini dikarenakan anda hanya perlu untuk menggali tanah dengan cukup dalam. Sehingga nantinya kolam memiliki lubang dengan ukuran yang tepat. cara untuk membuatnya pun cukup mudah sehingga anda tak perlu khawatir untuk kesusahan membangun kolam satu ini.

Kolam Terpal Ikan Nila di Atas Permukaan Tanah

Untuk anda yang ingin mengetahui cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang ada di permukaan tanah, maka anda perlu untuk menyiapkan beberapa bahan. Keuntungan dari membuat kolam dengan jenis ini adalah anda tak perlu untuk membuat galian tanah layaknya anda membuat kolam terpal di dalam tanah.

Namun, anda tetap harus bisa untuk membuat rangka yang kuat sehingga nantinya terpal dapat mampu berdiri dengan tegak. Untuk membuatnya sendiri, anda memerlukan beberapa bahan seperti pasir, semen, bambu, batu bata, pipa, dan juga terpal.

cara budidaya ikan nila di kolam terpal

Untuk cara membuat kolam terpal ini maka anda pun perlu mengukur tanahnya terlebih dahulu. Barulah kemudian anda bisa membuat pondasi kolam dengan ukuran sesuai yang anda inginkan. Anda juga perlu untuk membuat saluran keluar masuknya air dan ketika kolam telah kering, maka anda pun bisa meletakkan terpal yang telah disiapkan.

Dengan memiliki cara pembuatan yang mudah, anda pun nantinya akan bisa untuk membuatnya sendiri ketika ingin melakukan budidaya ikan anda. Dengan mengetahui bagaimana cara membuat kolam terpal ini, maka hal tersebut tentu saja akan menguntungkan bagi anda ketika ingin menggeluti bisnis untuk beternak maupun budidaya ikan.

Demikianlah informasi tentang panduan cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk hasil berlipat yang semoga bermanfaat untuk Anda. Media kolam terpal terbilang yang lebih murah dibandingkan kolam semen atau beton. Selain itu proses pemeliharaannya juga tidak sulit.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *