Cara Budidaya Simpel dengan Bibit Ikan Nila Merah Super

Bibit ikan nila merah super yang berkualitas merupakan syarat keberhasilan budidaya ikan nila jenis ini. Apalagi usaha ini makin prospektif saja seiring makin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap jenis ikan yang lezat ini. Selain mudah dijalankan, bisnis pembesaran ikan air tawar yang satu ini cukup menguntungkan dengan harga jualnya yang cukup tinggi.

Dibandingkan varietas ikan nila lainnya di Indonesia, nila merah lebih banyak dicari di pasaran. Jenis nila merah lebih disuukai masyarakat jika diolah menjadi masakan karena menawarkan citarasa yang jauh lebih lezat dibandingkan nila biasa. Hasil olahan masakan ikan nila merah sangatlah popular dan bahkan melebih jenis ikan lainnya. Tak sedikit rumah makan dan restoran yang lebih memilih ikan nila merah untuk menu utamanya. Asal tahu saja, masakan ikan nila selalu mahal jauh diatas jenis ikan air tawar lainnya.

Selain itu, kandungan gizi ikan nila merah juga cukup tinggi dan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Nutrisi dalam ikan ini antara lain kalori, protein, kalium, fosfor, selenium, niacin, lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan vitamin B12.

bibit ikan nila merah

Ikan nila diketahui mengandung lemak yang rendah dan juga rendah kalori dan karbohidrat sehingga tidak meningkatkan kadar kolesterol dan baik untuk program diet sehat. Nila juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat dalam mencegah dermatitis, aterosklerosis, dan stroke. Kalium yang ada pada ikan nila bersifat mengurangi tekanan darah.

Vitamin B12 dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Begitu juga kandungan selenium pada ikan nila berguna untuk mencegah serangan jantung, menangkal kanker dan katarak. Sedangkan kandunga fosfor dalam nila dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi.

Cara Budidaya Ikan Nila Merah yang Berhasil

Cara budidaya ikan nila merah tidaklah sulit. Tidak dibutuhkan syarat khusus dalam pemeliharaan maupun perawatannya. Bahkan di lahan sempit pun ikan ini akan mampu berkembang optimal.

Berikut langkah-langkah penting dalam usaha budidaya nila yang sebaiknya anda perhatikan.

1. Menyiapkan Kolam Ikan Nila Merah

Meskipun ikan nila bisa dibudidayakan di berbagai daerah namun lokasi ideal ikan ini adalah di dataran rendah atau ketinggiannya sekitar 300-600 dpl. Begitu juga untuk suhu air kolam sebaiknya berkisar 25-30 derajat celcius dengan kadar pH-nya sekitar 5-7 dan kadar garam sekitar 35/ml.

Baca jugaa : Bibit Ikan Gurame Unggul dan Cara Budidaya Ikan Gurame

Jika anda menggunakan kolam tanah sebaiknya ddikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelaah kering, lakukan pengapuran untuk membunuh mikroorganisme yang dikhawatirkan akan bisa menyebabkan penyakit bagi ikan yang dipelihara.

Begitu juga agar tidak lupa memasukkan dalam kolam yang sudah diisi air dengan pupuk kandang dengan taakaran sekitar 50-700 gram/m2. Anda juga bisa mencampurkan dengan pupuk TSP sebanyak 10 hingga 15 gram/m2.

2. Pembesaran Ikan Nila Merah

Untuk idealnya, tingkat kepadatan jumlah ikan nila merah yang dipelihara adalah sebanyak 15 sampai 30 ekor ikan permeter persegi. Sedangkan untuk ukuran bibit ikan nila merah super adalah 10 sampai 20 gram per ekor.

Proses pembesaran ikannila merah biasanya sekitar 4 sampai 6 bulan. Nah, saat ikan nila sudah mencapai berat 300 – 500 gram per ekor maka sudah siap untuk dipanen.

benih ikan Syahara Fish

Pengemasan benih ikan di Syahara Fish

Saat penebaraan benih ikan ke kolam sebaiknya lakukan proses adaptasi untuk menekan resiko kematian ikan.

Sedangkan untuk pakan ikan nila merah anda bisa menggunakan pellet yang andaa beli dengan kadar 20-30 persen yang diberikan sekitar 2-3 persen dari berat populasi. Waktu pemberiaan pakan yang baik adalah pada pagi dan sore hari. Anda juga bisa membuat pakan sendiri dengan campuran dedak halus, tepung ikan, bungkil, tepung jagung, dan vitamin.

3. Gunakan Bibit Ikan Nila Merah Super

Memilih bibit ikan nila merah super yang berkualitas merupakan tahapan yang sangat penting dalam budidaya ikan Nila. Selain proses pemeliharaannya lebih mudah, kualitas nila yang akan dipanen nantinya juga akan lebih berbobot.

juaal bibit ikan nila

Jika anda ingin memelihara nila secara monokultur atau satu jenis, sebaiknya pilih yang berjenis kelamin jantan karena pertumbuhannya dua kali lebih cepat dibandingkan yang berjenis betina.

Lihat juga : Bibit Lele Unggul

Bahkan dalam satu kolam jangan sampai mencampur ikan betina dan ikan jantan dalam satu kolam karena jenis ikan ini kawin yang dapat menyebabkan pertumbuhannya menjadi lambat.

jual benih ikan

Pengiriman benih ikan Syahara Fish dengan pesawat

Nah, jika anda membutuhkan bibit ikan nila super yang berkualitas dengan harga murah, Syahara Fish telah menyediakannya untuk anda. Syahara Fish adalah kelompok petani ikan di Kediri, Jawa Timur yang telah berpengalaman dalam menghasilakan benih ikan berkualitas.

Indukan yang digunakan dalam pembenihan sudah mengantongi sertifikat dari Dirjen Budidaya Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga terjaga kualitas bibit ikan yang dihasilkannya. Nah jika anda membutuhkan bibit ikan nila merah super, langsung saja hubungi kontak Syahara Fish di bawah ini.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *